Minggu, 22 Januari 2017

BAB 2 KONSEP

Nama : Rian Yunanto
NPM : 59414226


2.1 Gantt Chart

2.1.1 Pengertian Gantt Chart
Gantt Chart adalah sejenis grafik batang (Bar Chart) yang digunakan untuk menunjukan tugas-tugas pada proyek serta jadwal dan waktu pelaksanaannya, seperti waktu dimulainya tugas tersebut dan juga batas waktu yang digunakan untuk menyelesaikan tugas yang bersangkutan. Orang atau Departemen yang ditugaskan untuk menyelesaikan tugas dalam proyek juga harus dituliskan dalam Gantt Chart.
Beberapa sebutan lain untuk Gantt Chart diantaranya adalah Milestones Chart, Project Bar Chart dan juga activity chart. Gantt Chart yang dikembangkan oleh Henry Laurence Gantt pada tahun 1910 ini pada dasarnya adalah suatu gambaran atas perencanan, penjadwalan dan pemantauan (monitoring) kemajuan setiap kegiatan atau aktivitas pada suatu proyek.
GanttChart merupakan salah satu alat yang sangat bermanfaat dalam merencanakan penjadwalan dan memantau kegiatan pada suatu proyek, mengkomunikasikan kegiatan-kegiatan yang harus dilaksanakan dan juga status pelaksanaannya. Dalam Gantt Chart juga dapat dilihat urutan kegiatan ataupun tugas yang harus dilakukan berdasarkan prioritas waktu yang ditentukan. Berikut ini gambar yang mengilustrasian salah satu bentuk sederhana gantt chart.

2.1.2 Karakteristik Gantt Chart
  • Gantt chart secara luas dikenal sebagai alat fundamental dan mudah diterapkan oleh para manajer proyek untuk memungkinkan seseorang melihat dengan mudah waktu dimulai dan selesainya tugas-tugas dan sub- sub tugas dari proyek.
  • ˆSemakin banyak tugas-tugas dalam proyek dan semkin penting urutan antara tugas-tugas maka semakin besar kecenderungan dan keinginan untuk memodi kasi gantt chart.
  • ˆGantt chart membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan what if saat melihat kesempatan-kesempatan untuk membuat perubahan terlebih dahulu terhadap kebutuhan.
2.1.3 Keuntungan menggunakan Gantt Chart
  • ˆSederhana, mudah dibuat dan dipahami, sehingga sangat bermanfaat sebagai alat komunikasi dalam penyelenggaraan proyek. Gantt Chart sangat mudah dipahami, balok horizontal (horizontal bar) dibuat pada tiap kegiatan proyek sepanjang garis waktu.
  • ˆGantt chart digunakan untuk penjadwalan sederhana atau proyek-proyek yang kegiatannya tidak terlalu berkaitan atau proyek kecil, sedangkan network untuk penjadwalan proyek yang rumit.
  • Gantt Chart juga dapat digunakan untuk penjadwalan operasi yang berulang.
  • Dapat menggambarkan jadwal suatu kegiatan dan kenyataan kemajuan sesungguhnya pada saat pelaporan
  • Bila digabungkan dengan metoda lain dapat dipakai pada saat pelaporan
2.1.4 Kelemahan Gantt Chart
  • ˆTidak menunjukkan secara spesifik hubungan ketergantungan antara satu kegiatan dan kegiatan yang lain, sehingga sulit untuk mengetahui dampak yang diakibatkan oleh keterlambatan satu kegiatan terhadap jadwal keseluruhan proyek.
  • ˆSulit mengadakan penyesuaian atau perbaikan/pembaharuan bila diperlukan, karena pada umumnya ini berarti membuat bagan balok baru.
  • ˆGantt chart tidak bisa secara eksplisit menunjukkan keterkaitan antara aktivitas dan bagaimana satu aktivitas berakibat pada aktivitas lain bila waktunya terlambat atau dipercepat, sehingga perlu dilakukan modi kasi terhadap Gantt chart.

2.2 Donut Chart


2.2.1 Pengertian Donut Chart

Donut Chart berbentuk grafik lingkaran, grafik donat menunjukkan hubungan dari suatu bagian dengan keseluruhan data, tetapi dapat berisi lebih dari satu rangkaian data. Penyajian data berbentuk Donut Charts biasanya digunakan untuk mengetahui perbandingan suatu data terhadap keseluruhan data. Misalnya kita ingin mengetuhi rasio jenis kelamin dalam suatu kelompok, prosentase suara partai pada pemilihan umum, komposisi profesi di sebuah tempat dan sebagainya.

Sebuah donut chart pada dasarnya adalah sebuah Pie chart dengan luas pusat dipotong. Namun, Donut Charts memiliki sedikit keuntungan atas Pie Charts, yang kadang-kadang dikritik karena berfokus pada ukuran relatif dari buah untuk satu sama lain dan gra k secara keseluruhan, tidak memberikan indikasi perubahan secara keseluruhan bila dibandingkan dengan Charts lainnya Pie.  Sebuah bagan donut sebagian membahas masalah ini dengan menekankan penggunaan daerah, untuk membuat penonton lebih fokus pada perubahan nilai keseluruhan. 

Anda berfokus pada membaca panjang busur, kemudian membandingkan proporsi antara irisan. Donut Charts juga dapat mengambil ruang pie chart dengan memiliki pusat-pusat mereka digunakan untuk menampilkan informasi dalam pusat kosong mereka. Berikut ini gambar yang mengilustrasian salah satu bentuk sederhana donut chart.Gambar dibawah adalah contoh dari Donut Chart
Bagian dari grafik donat harus diberi label karena sudut yang sulit untuk menilai. Dan, karena itu bisa sangat sulit untuk membandingkan bagian yang berbeda dari bagan donat, seperti dengan pie chart, donat chart yang terbaik digunakan untuk membandingkan ukuran sepotong tertentu dengan keseluruhan, bukan membandingkan masing-masing bagian dari gra k donat dengan satu sama lain. Untuk membandingkan berbagai kategori data terhadap kategori lainnya, bar chart mungkin lebih tepat. Donut chart mendukung satu atau lebih cincin yang mengelilingi pusat berongga atau kosong. pusat dapat berupa "lingkaran kosong" atau mungkin berisi label. pusat tidak biasanya mewakili data. Setiap cincin dapat baik mewakili serangkaian data yang terpisah yang Anda data mengikat ke sumber data melalui opsi Produk Sumber pada setiap cincin Lihat Contoh.

Dikonfigurasi Inti Radius Jari-jari dalam pusat Bagan Doughnut dikonfigurasi, memungkinkan Anda untuk memilih pusat sebagai objek dan memperpanjang batas atau mengatur radius bagian dalam melalui pengaturan properti. 
Lihat Contoh.
Slice / Bagian Pelabelan

Mengontrol bagaimana setiap irisan atau bagian dari Chart Doughnut diberi label. Pilihan yang tersedia untuk secara otomatis memilih bagaimana label akan ditampilkan dalam atau di luar grafik, termasuk:
  • Tidak ada label
  • Label ditampilkan di pusat dalam setiap bagian / slide
  • Label ditampilkan di luar dari setiap bagian / slice, dengan Luas jarak dikongurasi Label
  • Sebuah metode paling cocok yang secara otomatis memilih apakah setiap label harus ditampilkan dalam  atau di luar grafik.
Lihat Contoh
Sepotong Seleksi & eksplosi
Memungkinkan pengguna untuk memilih irisan dan mengubah warna iris yang dipilih. irisan eksplosi terputus dan ditarik pada jarak dari titik asal. Jarak ini dikendalikan melalui properti dikon gurasi. Irisan dapat dipilih atau eksplosi baik pemrograman atau menggunakan sentuhan dan gerakan mouse.
Lihat Contoh:

"Lainnya" Kategori Data yang mendasari untuk Bagan Doughnut sering dapat berisi item nilai kecil, terlalu banyak untuk menampilkan secara signi kan melalui irisan yang terpisah. Untuk acara-acara seperti itu, "Lainnya" kategori memungkinkan untuk agregasi otomatis beberapa nilai data ke satu irisan. Anda dapat mengatur ambang batas untuk menunjuk yang menghargai mendapatkan sepotong mereka sendiri dan yang menghargai akan mendapatkan digulung di bawah 'Lainnya'.
Lihat Contoh


Styling & Tema
Menyesuaikan dan gaya yang Doughnut Bagan untuk desain aplikasi Anda dan merek Anda. sifat sederhana yang terkena dengan mudah gaya garis dan sikat mengisi warna iris, memungkinkan Anda untuk menggunakan warna yang solid serta gradien. Atau, Anda dapat menggunakan tema grafik untuk memberikan grafik donat dan grafik lainnya tampilan yang konsisten dan warna terkoordinasi dan merasa. Cukup mengatur properti tema untuk salah satu tema yang telah ditentukan atau membuat sendiri.

Doughnut grafik display data dalam cincin, di mana masing-masing cincin merupakan seri data. Doughnut grafik secara fungsional identik dengan diagram lingkaran, satu-satunya perbedaan adalah bahwa ia memiliki lubang di tengah. Doughnut grafik, juga disebut donat grafik, yang terbaik digunakan untuk membandingkan ukuran sepotong tertentu dengan keseluruhan, bukan membandingkan masing-masing bagian dari grafik donat dengan satu sama lain. Doughnut grafik sangat banyak digunakan dalam dunia bisnis dan media massa.

2.2.2 Sejarah Singkat Bagan Doughnut
Seperti yang kita tahu bahwa awal pie chart dikenal biasanya dikreditkan ke William Playfair statistik Brevir dari 1801. Seiring berjalannya waktu, orang menemukan bahwa tipe khusus dari pie chart grafik donat.  Doughnut grafik memberikan rasio intensitas data yang lebih baik untuk diagram lingkaran standar karena pusat kosong dapat digunakan untuk menampilkan tambahan, data yang terkait seperti yang ditunjukkan dalam contoh
2.2.3 Penerapan Doughnut Bagan
Dengan pembuat grafik donat Anda dapat dengan cepat mengubah data Anda ke dalam grafik donat, dan kemudian menggunakan alat tombol mengambang untuk membuat grafik donat lebih mudah dibaca. Misalnya, dengan menambahkan kotak legenda, label data, dan teks yang menunjukkan apa yang masingmasingcincin dari grafik donat mewakili, Anda dapat dengan cepat memahamibdata yang diplot pada grafik. Ada sesuatu yang harus memperhatikan ketika menggunakan grafik donat. Ini harus jelas apa jumlah dari grafik donat singkatan. Semua potongan harus menambahkan hingga 100%. Harus ada kurang dari tujuh kategori atau bagian. Bagian dari grafik donat harus diberi label karena sudut yang sulit untuk menilai. Doughnut gra k biasanya digunakan untuk menunjukkan persentase atau data proporsional dan biasanya persentase
diwakili oleh masing-masing kategori disediakan di sebelah sesuai sepotong donat.

Doughnut grafik menampilkan data setiap sel sebagai sepotong donat. grafik mungkin berisi satu atau lebih donat, disusun satu di dalam yang lain. Doughnut grafik membiarkan Anda menunjukkan hubungan bagian-bagian dari beberapa set data ke keseluruhan. Setiap donat menunjukkan serangkaian data. Iris dengan warna yang sama termasuk dalam kategori yang sama. Catatan bahwa ini adalah kebalikan dari cara Formula Satu untuk Java menafsirkan seri dan kategori data yang paling grafik. Ini berarti bahwa donat grafik legenda menunjukkan kategori label, bukan label seri. Formula Satu untuk Java menentukan urutan donat dengan menambahkan nilai total titik data di setiap donat. Donat dengan total terbesar terjadi di luar, dengan donat semakin kecil bersarang di dalam yang terbesar, di urutan nilai mereka. Formula Satu untuk Java menampilkan irisan donat searah jarum jam dalam urutan yang sama seperti yang muncul dalam sumber data grafik ini Ukuran lubang yang Doughnut ini. Secara default, lebar lubang di tengah donat adalah setengah lebar dari donat
terbesar. Anda dapat mengubah ukuran lubang donat dengan memasukkan persentase dari total donat lebar
Mengubah Start Angle dari Slices
Formula Satu untuk Java menampilkan irisan donat searah jarum jam dalam urutan yang sama seperti yang muncul dalam sumber data gra k ini. Secara default, tepi potongan pertama dimulai pada 0 °, atau posisi jam 12. Anda dapat mengubah posisi yang tepi mulai. Semua donat pada gra k harus memiliki posisi awal yang sama.
Sudut awal dinyatakan dalam derajat, di mana 180 ° adalah posisi jam 6.
Meledakan irisan
Anda dapat menampilkan irisan donat berdekatan satu sama lain, seperti yang ditunjukkan pada contoh sebelumnya, atau Anda dapat menampilkan donat seakan dipotong-potong, dengan irisan yang ditarik terpisah. Ini disebut meledakirisan. Anda dapat melakukan hal ini untuk satu atau semua donat pada tabel.

Seperti yang Anda lihat dalam contoh ini, meledak irisan donat lebih kecil dari iris yang belum meledak. Mereka menyusut karena di luar lingkar donat harus tetap dengan ukuran yang sama untuk memastikan bahwa itu cocok pada plot grafik.

2.2.4 Catatan Khusus Tentang Charts Doughnut
Donat pelabelan. Sementara Formula Satu untuk Jawa tidak memiliki opsi otomatis untuk label setiap donat, Anda dapat membuat label data untuk sepotongvdonat, mengeditnya untuk menampilkan nama yang Anda inginkan, kemudian tarik ke posisi baru pada donat. Anda harus mencoba untuk membuat jelas bahwa label berlaku untuk seluruh donat. Kotak centang Gunakan Pembobotan. Sementara kotak centang ini tersedia dalam bingkai Pie / Doughnut dari tab Options dialog Format Plot, itu tidak berpengaruh pada gra k donat. Pilihan warna berbeda. Pada tab Options dialog Plot, pilihan Warna berbeda secara otomatis dipilih untuk gra k donat. Hal ini membuat setiap irisan dari donat warna yang berbeda. Jika Anda hapus centang Vary Warna kotak centang, masing-masing donat akan muncul sebagai warna solid yang berbeda, dengan irisan yang ditandai dengan garis.

Donuts memiliki dua subtipe: standar dan meledak. (An donat meledak tidak menyarankan camilan bersalah yang bertemu dengan seorang kematian sebelum waktunya. Sebaliknya, itu adalah gra k donat di mana potongan-potongan di ring paling atas yang sedikit terpisah.) Meskipun gra k donat dapat menyimpan banyak seri yang Anda inginkan, jika Anda menambahkan lebih dari dua atau tiga, gra k mungkin muncul terlalu rumit. Tidak peduli apa yang Anda lakukan, pusat donat tidak pernah akan diisi (kecuali jika Anda memutuskan untuk menambahkan beberapa teks di sana menggunakan alat gambar Excel.
Gambar di bawah adalah Bentuk-bentuk pada Donut Chart

Donut grafik secara fungsional identik dengan pie chart, juga memiliki satu-seri dan versi multi-seri, satu-satunya perbedaan adalah bahwa ia memiliki lubang di tengah.
Gradient Donut grafik adalah donat grafik yang berubah warna secara bertahap untuk visual menampilkan data.
Persentase donat berarti membagi lingkaran menjadi 100 bagian persentase dan kemudian mengalokasikan jumlah bagian persentase diperlukan untuk setiap item.



2.3 Gauge Chart

2.3.1 Pengertian Gauge Chart
Grafik Gauge berguna untuk membandingkan nilai antara sejumlah kecil variabel baik dengan menggunakan beberapa jarum pada alat ukur yang sama atau dengan menggunakan beberapa alat pengukur. Sebuah gauge adalah grafik yang sangat umum digunakan dalam dashboard informasi dan Anda dapat menggunakan alat ukur ketika Anda ingin menunjukkan nilai tunggal dalam skala tertentu. Grafik ini biasanya menunjukkan indikator kunci dalam rentang nilai, menggunakan kode warna semaphoric (misalnya: hijau, kuning, merah).

Grafik Gauge memungkinkan kita untuk memvisualisasikan data dengan cara yang menyerupai jarum speedometer kehidupan nyata atau pengukur biasa. Mereka biasanya menampilkan ukuran kunci tunggal. Skala luar dari alat pengukur sering kode warna untuk memberikan konteks kinerja tambahan.Gambar di bawah menunjukkan beberapa contoh alat pengukur grafik linear.
2.3.2 Simbol pada Gauge Chart
Gauge template memiliki banyak bentuk khusus, alat ukur melingkar, linear mengukur-proses, linear mengukurslider, linear vertikal, dll akan menjadi nyamandan mudah bagi Anda untuk menggambar diagram alat pengukur dengan bentuk-bentuk ini.
Grafik Gauge bentuk pengukur melingkar, linear mengukur-proses, linear mengukurslider dan linear vertikal tersedia. Selain itu, banyak dari latar belakang yang indah disediakan untuk membuat diagram Anda terlihat lebih menarik. Gauge melingkar adalah komponen yang digunakan untuk menampilkan nilainilai elemen pada skala melingkar. Gauge linier adalah komponen yang mewakili unsur-unsur visual pada skala linear. Anda dapat menggunakan kontrol ini dalam aplikasi yang berbeda untuk membuat termometer dan indikator.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar